Domba yang Berbahagia

January 2000 ยท 2 minute read

Alkitab, yang menurut para ahli sudah dicetak sebanyak ribuan-juta jilid dan sudah diterjemahkan ke dalam kira-kira 4000 bahasa adalah kitab yang istimewa. Maka bagi umat manusia Alkitab mempunyai makna yang khusus, dan penghargaan terhadap Alkitab dilakukan dengan berbagai cara, berdasarkan berbagai pandangan!

Satu golongan manusia sangat menghargai Alkitab, terlalu menghargainya, sehingga menjadi berhala. Bagi golongan ekstrim ini, Alkitab dianggap memiliki kuasa untuk melindungi mereka; ada yang menempatkan Alkitab di dalam mobil sebagai pelindung kendaraan itu; ada pula yang menempatkan Alkitab di samping kepala bayi mereka, katanya untuk mengamankan bayi itu dari gangguan setan!

Sebaliknya, satu golongan lain menganggap Alkitab tidak bernilai, sebagai sampah belaka. Mereka menganggap membaca Alkitab adalah pekerjaan yang merugikan, menyia-nyiakan waktu yang berharga!

Pada titik mana anda berdiri, silahkan anda renungkan, dan pikirkanlah, apakah sikap anda terhadap Alkitab sudah tepat!?!

Bagi golongan yang menganggap Alkitab sebagai sampah, atau sebagai bahan bacaan biasa, atau sebagai bahan penelitian saja, banyak hal yang tersembunyi, tidak dapat mereka mengerti. Sebab memang Tuhan tidak mengungkapkan rahasia itu bagi mereka. Mereka tidak insyaf bahwa Yesus memegang monopoli untuk membuka pikiran manusia agar mengerti Kitab Suci .

Buku kecil ini ditulis untuk, antara lain, menunjukkan kepada pembaca bahwa sesungguhnya Alkitab mengandung tingkap-tingkap pengertian. Ajaibnya, pengertian pada tingkap yang tinggi tidak ditentukan oleh kwalitas Sekolah Alkitab yang anda hadiri, tidak juga tergantung dari banyaknya Buku Tafsir dan buku-buku lainnya, karangan manusia, yang anda sudah baca!

Peningkatan pengertian tentang pesan-pesan ilahi di dalam Alkitab berarti peningkatan keakraban Tuhan terhadap anda. Dan keakraban Tuhan terhadap anda sangat tergantung kepada buah-buah pelayanan yang anda hasilkan bagi Tuhan di dalam Kerajaan Sorga!

Sekedar contoh, buku kecil ini akan menyajikan lapisan-lapisan atau tingkap-tingkap pengertian atas pesan-pesan ilahi yang perlu kita hayati di dalam Mazmur-23. Dan tentu saja, sejalan dengan tingkap-tingkap penghayatan itu, bertingkap-tingkap pula berkat yang anda terima! Baik berkat-berkat jasmani, istimewa berkat rohani: hikmat, pengertian, pelayanan yang Tuhan percayakan kepada anda, dan bahkan: buah-buah pelayanan!

Selamat merenungkan isi buku ini, dan selamat meningkatkan penghayatan anda!

Baca selengkapnya