'Pemimpin-Umat': Andakah Itu?

January 2011 · 1 minute read

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? [Galatia 4:16] > Tetapi kamu, janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara. Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga. Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias.

Ketikanya pada suatu hari, di bulan November 2010, Penulis beroleh pertanyaan dari seorang saudara sepelayanan melalui sebuah pesan singkat di telepon seluler, isinya demikian:

“Pg, tlng mana yg leader & mana yg manager dantara: 1. Do things right. 2. Do right things. Shlm. Jk” (dari 0813993xxxxx, nama Pengirim disingkat)

Dalam hal ini, Penulis menjawab demikian pula:

“To do right things lebih mudah, karena tinggal melaksanakan yang ‘right things’. Tapi melakukan ‘things’ agar hasilnya ‘right’ itu membutuhkan keterampilan. Kadang-kadang ‘things’ yg memiliki kekurangan harus dikelola baik supaya hasilnya ‘right’. Kesimpulan: Manager akan melakukan the right things (sdh terukur, normatif, no risk). Tapi Leader harus do things right (kelola semua hal yg memiliki kekurangan & kelebihan) dan hasilnya right (tepat guna). Seperti YESUS mengelola kita yg punya kekurangan, & hasilnya baik sesuai ukuran-Nya. YESUS adalah Pemimpin yg memperbaiki kekurangan kita bukan sekedar menutupinya!”

Baca selengkapnya

Sampul buku