Pemulihan Kesehatan Tubuh Rohani

January 2000 ยท 1 minute read

Semua pelayan gereja, pendeta, penatua. Guru jemaat, guru sekolah minggu dan pelayan gereja lainnya, diharapkan dapat melaksanakan tugas penggembalaan dengan sebaik-baiknya. Penggembalaan adalah pekerjaan merawat tubuh rohani jemaat. Tugas tersebut dapat dilaksanakan jika gembala sehat rohani. Seorang majelis atau guru sekolah minggu yang sakit rohani tidak mungkin merawat tubuh rohani jemaat dengan baik. Firman Tuhan menyatakan: Jika orang buta menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang. (Matius 15:14). Oleh karena itu, sebelum merawat tubuh rohani jemaat, kesehatan tubuh rohani para pelayan gereja harus dahulu dipulihkan agar kelak dapat menggembalakan jemaat dengan baik.

Bukan hanya pelayan gereja yang perlu merawat tubuh rohaninya, orangtua juga perlu merawat tubuh rohaninya, karena orangtua adalah imam di tengah-tengah keluarganya. Orang tua juga gembala bagi seisi rumahnya. Penggembalaan rohani anak-anak adalah tanggung jawab orangtua! Penggembalaan rohani anak-anak bukan tanggung jawab pendeta atau guru sekolah minggu.

Dalam rangka pemulihan kesehatan rohani ini, perlu dipahami perihal kondisi tubuh rohani manusia dan hal-hal yang merusaknya. Dengan demikian kita dapat menentukan tindakan apa yang harus dilakukan agar tubuh rohani seseorang tetap sehat.

Baca selengkapnya

atau

Baca selengkapnya